Kembar 3 dengan Cloning pada Photoshop

on Sabtu, 25 Juni 2011

Kembar 3 dengan Cloning pada Photoshop

Desain Grafis

Istilah Cloning sering dijumpai dalam pembahasan ilmu kedokteran, biologi, tumbuhan atau ilmu hewan. Cloning beralal dari kata Clone artinya menggandakan atau membuat duplikasi (read : membuat kembaran yang sama dengan aslinya). Dalam hal ini yang akan saya share istilah cloning dalam ilmu bidang desain grafis yaitu pada Photoshop. Fasilitas clone dalam Photoshop terdapat pada Toolbox bernama Clone Stamp Tool yang bentuknya mirip seperti stempel, perintah ini sering digunakan untuk menyalin objek atau gambar dalam sebuah foto atau bias juga diambil dari foto lain (file yang berbeda). Untuk memudahkan pemahaman penggunaan perintah cloning ini, mari akan saya berikan contoh penggunaan dari Clone Stamp Tool ini. Ikuti langkah2 berikut ini :


1. Buka file foto seperti contoh berikut ini.













2. Klik tombol Clone Stamp Tool pada Toolbox.








3. Atur ukuran Brush yang terdapat di bagian kiri atas layar Photoshop, misal 200 atau sesuaikan dengan ukuran gambar yang akan diduplikasi.















4. Tekan dan tahan tombol Alt pada keyboard kemudian kilk dibagian gambar yang akan di-clone, misal pada bagian kepala (rambut).
5. Setelah itu lepaskan tombol Alt. Selanjutnya cari sisi/bagian kosong pada foto tersebut  lalu klik dan tahan tombol mouse terus gosokan hingga muncul salinan gambar samar-samar.











6. Terus gosokkan mouse hingga gambar tersalin seluruhnya, seperti di bawah ini.












7. Lakukan langkah yang sama untuk menyalin di tempat yang lainnya. Lihat hasil akhir salinan foto di bawah ini (dua kali salinan).












# Selamat Mencoba #


--------------------------------
Mhd. Dahria, M.Kom

0 komentar:

Posting Komentar